Pemeliharaan Harian Puyuh Petelur

Posted in: , , No comments

Ini adalah berbagi pengalaman saya dalam memelihara puyuh petelur selama ini yang saya lakukan. Selama ini dalam memelihara kesehatan puyuh petelur, saya memberikan beberapa ramuan sederhana saja yang saya campurkan pada minuman.

Ramuan inti yang saya gunakan dalam memberi minuman puyuh adalah:
  • Vitamin. Apapun merk vitamin tidak masalah, yang penting diberikan secara teratur 2 hari sekali dengan dosis yang tepat sesuai anjuran yang tertera dalam bungkus. Jangan terlalu kental karena akan menjadikan kelebihan vitamin justru tidak baik bagi kesehatan puyuh.
  • Stimulan telur. Silahkan mau pakai merk apa saja boleh. Diberikan secara teratur tiap hari dan dosis sesuai anjuran. Terlalu banyak pemberian akan menjadikan tidak baik karena "memaksa" puyuh kerja keras dalam bertelur.
  • Disinfektan. Berikan disinfektan yang aman diminum puyuh. Berikan jangan terlalu banyak, tetapi teratur minimal 2-3 hari sekali
  • EM-4. Diberikan agar kotoran puyuh menjadi lebih kering dan tidak berbau. Juga untuk membantu pencernaan puyuh petelur. Berikan secukupnya saja, biasanya saya berikan 3-4 tutup botol EM4 untuk 2000 ekor puyuh.
Selain hal diatas, yang harus diperhatikan adalah Biosecurity dalam pemeliharaan puyuh petelur sangat penting. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

The permalink

Leave a Reply